Senin, 12 November 2007

OLAHRAGA, BUANG WAKTU SAJA

Dalam sehari semalam jantung mengalirkan darah sekitar satu truk tanki minyak tanah (6500 liter). Kerja jantung tak pernah berhenti, terus berdetak sepanjang hayat dikandung badan. Fungsi kerja jantung hampir sama dengan fungsi kerja pompa air listrik. Pompa air menyedot air tanah dan menyemburkan ke permukaan. Namun tiada satupun pompa air yang mampu bekerja terus menerus sepanjang tahun. Suatu waktu harus ada kesempatan untuk beristirahat, mendinginkan mesin. Bandingkan dengan kerja jantung yang tak kenal lelah. Beberapa detik jantung beristirahat, nyawapun melayang dibuatnya.

Beban kerja jantung berbeda-beda tergantung tingkat kebugaran seseorang. Semakin bugar seseorang semakin lamban detak jantungnya. Semakin rendah tingkat kebugarannya semakin cepat jantung bekerja. Artinya semakin efisien jantung orang bugar memenuhi kebutuhan darah. Jantung orang yang bugar bekerja 3 kali lebih efisien.

Detak jantung dapat diukur ketika seseorang bangun tidur di pagi hari. Pada saat ini detak jantung belum terpengaruh oleh berbagai kegiatan. Normalnya dalam satu menit jantung berdetak antara 60 hingga 80 kali. Semakin tidak bugar semakin banyak detakannya. Detak jantung bertambah manakala aktivitas tubuh bertambah. Detak jantung atau intensitas menjadi ukuran cukup atau tidaknya kegiatan olahraga.

Lancarnya peredaran darah dipengaruhi oleh ada tidaknya hambatan dalam pembuluh darah. Pembuluh darah terhambat dengan adanya tumpukan-tumpukan sampah. Tumpukan sampah ini adalah tumpukan lemak sebagai akibat kelebihan kolesterol yang membentuk sumbatan. Ibarat selang air yang tersumbat maka tekanan air akan meningkat. Tekanan darah yang tinggi dan bertahun-tahun akan merusak pembuluh darah. Saluran yang mengeras, menebal dan menjadi kasar akan menimbulkan penyempitan.

Tekanan darah yang tinggi memaksa jantung untuk mendorong darah lebih kuat sehingga lambat laun otot jantung akan menebal. Penebalan atau pembesaran jantung akan mengakibatkan irama jantung menjdi tidak teratur dan bisa mengakibatkan gagal jantung. Dalam kondisi ini jantung tidak sanggup mencukupi kebutuhan darah. Pembuluh darah yang tersumbat total akan mengakibatkan serangan jantung.

Selain berakibat pada serangan jantung, tekanan darah yang tinggi juga akan mengakibatkan terhambatnya aliran darah ke otak akibatnya fungsi otak pun terganggu atau stroke. Stroke menyebabkan organ tubuh tidak bekerja dengan sempurna, jalan terseok, berbicara sulit dan gangguan-ganggunan fisik lainnya.

Olahraga sangat penting untuk menjaga agar saluran pembuluh darah tetap lancar dilalui. Penumpukan lemak akan terhindar karena telah diubah menjadi energi. Tiada plak-plak yang mengotori pembuluh darah. Namun ironinya banyak orang tidak tersadar akan pentingnya olahraga karena dampaknya yang tidak langsung terlihat, buang-buang waktu saja.

Mereka yang sadar akan pentingnya kebugaran senantiasa meluangkan waktu yang juga terbatas untuk menjaga kondisi fisiknya. Mereka bukan berarti pengangguran yang mempunyai banyak waktu luang. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang dengan posisi puncak sebuah organisasi, sangat sibuk. Sangat sibuk namun memiliki pemahaman yang tinggi tentang pentingnya berolah fisik. Jumlah waktu yang dimiliki pun sama, yang berbeda adalah kemauan untuk mewujudkan apa yang menjadi impian semua orang : badan yang selalu bugar. Untuk menjadi bugar memang sangat tinggi biayanya. Biaya tertinggi bukan untuk membayar personal trainer atau menyewa alat-alat fitness terbaru melainkan biaya untuk mewujudkan kemauan & impian menjadi langkah nyata. Tidak semua orang mau bercapek-capek, berpeluh keringat. Hanya orang dengan kesadaran tinggi mampu mewujudkannya, inilah yang tidak terbeli karena memang tidak ada yang jual.

Kesadaran berkembang saat ini dengan munculnya klub-klub olahraga. Mereka sangat mencintai kegiatan olahraga dan menjadikannya sebagai bagian gaya hidup. Kegiatan bisnis diupayakan selalu terpadu dengan peningkatan kebugaran. Betapa banyak saat ini para eksekutif yang tergabung dalam klub penggemar sepeda, bahkan ke kantor pun naik sepeda. Sebagian orang pun baru mempunyai kesempatan mengunjungi pusat kebugaran di tengah malam. Tak mengapa, waktu terbaik di pagi hari tidak tergapai, sisa malam pun tetap berolahraga. Semangat meningkatkan kebugaran yang harus ditularkan dan dipahamkan ke demikian banyak orang. Bisnis berjalan kebugaran tetap terjaga.

Buruknya kualitas dan gaya hidup saat ini menyebabkan kondisi kesehatan buruk telah bergeser dari usia 40 tahun ke usia awal 30 an. Tiada lain tiada bukan penyebabnya adalah gaya hidup yang liar tak terkendali. Akibatnya sisa usia menjadi tidak produktif. Sisa hidup hanya untuk mengembalikan kesehatan yang menjauh, kebahagiaan yang sirna, kejayaan yang hilang, buang-buang waktu saja ....

Tidak ada komentar: